Pelepasan Jemaah Kloter 4 UPG Makassar ke Tanah Suci oleh Irjen Kemenag RI

 

Makassar, – Sebanyak 450 jemaah haji asal Kota Makassar dan Kabupaten Sinjai yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 UPG Embarkasi Makassar dilepas secara resmi oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Irjen Kemenag RI) Faisal Ali Hasyim pada hari Selasa (14/5/2024) di Aula Asrama Haji Sudiang, Makassar. Pelepasan tersebut ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Faisal Ali kepada Ketua Kloter, Kamriati.

“Saya serahkan bendera merah putih, untuk dijaga dan dipertahankan, serta jaga marwah dan martabat bangsa selama di tanah suci Mekkah,” pesan Faisal Ali, yang didampingi oleh Ketua PPIH Embarkasi Makassar, H. Muh Tonang, Sekretaris PPIH, H. Ikbal Ismail, Kabid Dokumen, H. Ali Yafid, dan Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan, H. Wahyudin Hakim.

Faisal Ali berpesan kepada seluruh jemaah haji untuk memanfaatkan momen keberangkatan ke tanah suci Mekkah dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah. “Luruskan kembali niat kita ke tanah suci, bahwa kita datang untuk beribadah, tidak ada unsur hal-hal yang lain. Gunakanlah waktu selama di tanah suci, baik di Madinah, di Mekkah, maupun nanti puncak di Arafah dan di Mina, gunakan kesempatan itu untuk betul-betul beribadah,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Kementerian Agama sebagai penyelenggara ibadah haji telah menyiapkan segala kebutuhan untuk mendukung proses penyelenggaraan ibadah haji. “Insya Allah, nanti hotel yang kita siapkan di Madinah paling jauh jaraknya hanya 350 meter, mulai dari 50 sampai 350 meter, jadi tidak ada yang jauh,” tambahnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Makassar, H. Muh Tonang, melaporkan bahwa layanan di Asrama Haji Sudiang Makassar telah berjalan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan. “Segala layanan telah kami lakukan sesuai dengan juknis yang ada, mulai dari proses, panitia penyelenggara, layanan, sampai kepada konsumsi. Waktu yang kita gunakan juga saat penerimaan one stop one service,” jelasnya.

Kloter 4 UPG Embarkasi Makassar dijadwalkan take off dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 10.59 WITA dengan membawa 450 orang, yang terdiri dari 154 pria dan 296 wanita. Hingga kloter 4, jemaah haji yang telah diberangkatkan dari Embarkasi Makassar sebanyak 1.799 orang.

Lebih baru Lebih lama